Rabu, 12 April 2017

Teknologi Informasi dan Rekonstruksi Sosial


Manfaat dari teknologi informasi sudah tak diragukan lagi. Ada banyak hal-hal positif dan bermanfaat yang teraih berkat teknologi informasi yang terus berkembang. Teknologi informasi memberikan perubahan positif ke segala aspek kehidupan, baik aspek pendidikan, kesehatan, hingga sosial kemasyarakatan.

Dari sisi aspek aspek sosial kemasyarakatan, teknologi informasi bisa disebut membantu dalam hal rekonstruksi sosial. Teknologi informasi di sini bisa berarti aplikasi dan sistem informasinya yang semakin berkembang secara dinamis, infrastrukturnya yang berkembang dan mulai menjangkau berbagai daerah terpelosok di Indonesia di antaranya dengan adanya jaringan 4G, jaringan fiber optic dan Wifi cuma-cuma di tempat publik.

Apa saja sih manfaat atau pengaruh TI di aspek kehidupan sosial?

Aplikasi TI mengubah cara dan tatanan berkomunikasi
Teknologi informasi memiliki dampak dari cara berkomunikasi, baik kepada teman sejawat, atasan, maupun kepada teman-teman dan saudara. Jika dulunya sebelum ada aplikasi chatting maka perlu sambungan telpon kemudian digantikan oleh layanan pesan via SMS dan email, maka ketika ada aplikasi chatting via dekstop (yahoo messenger) dan kemudian via aplikasi chatting secara mobile, maka cara berkomunikasi dan karakter berkomunikasi pun berubah. Komunikasi menjadi lebih praktis, cepat, murah, dan lebih cair.

Dengan adanya aplikasi chatting mobile seperti Line, Telegram, BBM,  menjadi lebih cair antara yang senior dan junior, antara atasan dan bawahan. Mereka yang awalnya lebih formal dalam berkomunikasi di kantor jadinya lebih santai dan cair. Bawahan bisa bercanda dengan atasannya, tetangga yang masih muda juga bisa bercakap-cakap biasa dengan tetangga yang lebih tua dimana sebelumnya ada unggah-ungguh.



Whistle Blowing Lebih Mudah dan Bisa Lapor Aja Saja
Dulu melakukan whistle blowing mungkin perlu sembunyi-sembunyi karena takut diketahui oleh oknum yang ingin dilaporkan. Namun saat ini ada beragam aplikasi untuk pengaduan, bahkan ada pula yang melayani pengaduan umum dari masyarakat seperti aplikasi Lapor dan Qlue dimana status pelaporannya bisa dicek, apakah sudah ditindaklanjuti atau belum. Dengan adanya aplikasi pengaduan maka masyarakat tak perlu ragu dan takut jika melakukan pengaduan atas fasilitas umum seperti jalan rusak, lampu jalan mati dan sebagainya, tindakan curang oleh instansi tertentu bisa dilaporkan dengan keamanan terjamin.


Ide dan Mimpi Bisa Diwujudkan
Dengan adanya beragam komunitas baik via media sosial maupun aplikasi seperti di Sebangsa dan Kitabisa maka ide dan mimpi bisa diwujudkan bersama, baik ide untuk kegiatan sosial dan berbagi juga ide bisnis atau ide acara komunitas.

Lomba ini diadakan oleh URINDO dan BEM FTI URINDO. Informasi kuliah bisa dicek di www.urindo.ac.id dan www.bemfti.urindo.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar